Sabtu, 21 Juli 2012
Minggu, 15 Juli 2012
ips
pengukuran validitas isi adalah penting di pekerjaan, di mana tess digunakan untuk mempekerjakan dan mempromosikan orang secara hati-hati diteliti untuk relevnce mereka ke job.Courts sering membutuhkan bukti bahwa tes kerja adalah pekerjaan yang berhubungan. Beberapa metode untuk mengukur validitas isi telah dibuat (misalnya, james et al, 1984; Lindell). Salah satu metode untuk mengukur validitas isi, atau hakim tentang betapa pentingnya sebuah item tertentu. Ijah diproporsi bahwa setiap penilai menanggapi pertanyaan berikut untuk setiap item: "adalah keterampilan atau pengetahuan diukur dengan item ini.:
esensial
berguna tetapi tidak penting
tidak perlu
dengan kinerja pekerjaan ". Untuk setiap item, jumlah panelis yang menyatakan bahwa item tersebut sangat penting dicatat. menurut lawshe, jika lebih dari setengah panelis menunjukkan bahwa item adalah essentil, bahwa item memiliki setidaknya beberapa validitas konten. tingkat yang lebih besar dari validitas isi eksis sebagai sejumlah besar panelis setuju bahwa item tertentu essential.using asumsi ini, lawshe mengembangkan termet rumus validitas isi ratio (CVR)
esensial
berguna tetapi tidak penting
tidak perlu
dengan kinerja pekerjaan ". Untuk setiap item, jumlah panelis yang menyatakan bahwa item tersebut sangat penting dicatat. menurut lawshe, jika lebih dari setengah panelis menunjukkan bahwa item adalah essentil, bahwa item memiliki setidaknya beberapa validitas konten. tingkat yang lebih besar dari validitas isi eksis sebagai sejumlah besar panelis setuju bahwa item tertentu essential.using asumsi ini, lawshe mengembangkan termet rumus validitas isi ratio (CVR)
RUMUS
Dimana CVR = rasio konten validitas, ne = jumlah panelis menunjukkan "penting", dan n = total jumlah panelis. dengan asumsi panel sepuluh ahli, berikut tiga contoh ilustrate arti dari CVR bila negatif, nol, dan positif:
1. CVR negatif: bila kurang dari setengah panelis menunjukkan "penting", CVR yang negative.Assume empat dari sepuluh panelis menunjukkan "penting"
2. Nol CVR: kapan tepatnya setengah panelis menunjukkan "penting", CVR adalah nol
3. CVR Positif: bila lebih dari setengah tapi tidak semua panelis menunjukkan "penting", berkisar antara CVR oo dan 99.assume sembilan dari sepuluh menunjukkan "penting"
1. CVR negatif: bila kurang dari setengah panelis menunjukkan "penting", CVR yang negative.Assume empat dari sepuluh panelis menunjukkan "penting"
2. Nol CVR: kapan tepatnya setengah panelis menunjukkan "penting", CVR adalah nol
3. CVR Positif: bila lebih dari setengah tapi tidak semua panelis menunjukkan "penting", berkisar antara CVR oo dan 99.assume sembilan dari sepuluh menunjukkan "penting"
Dalam memvalidasi tes, rasio validitas isi dihitung untuk setiap item. Lawshe direkomendasikan bahwa jika jumlah perjanjian ditinjau sudah lebih dari 5% kesempatan untuk terjadi secara kebetulan, item harus dihilangkan. Para valuest CVR minimal sesuai dengan tingkat 5% disajikan dalam tabel 6-1.In mengejar sepuluh panelis, item akan membutuhkan CVR minimal 62.In Contoh ketiga keluar (di mana sembilan dari sepuluh paneilsts setuju), maka CVR dari 80 adalah signifikan, item karena itu bisa menjadi retained.Subsequently, dalam diskusi kita tentang kriteria yang berhubungan dengan validitas, perhatian kita bergeser dari indext validitas tidak didasarkan pada isi tes tetapi pada skor tes. Pertama, beberapa perspektif tentang budaya yang berkaitan dengan validitas sebuah tes.
budaya dan relativitas validitas isi
tes sering dianggap sebagai salah valid atau tidak valid. tes sejarah, misalnya, baik dilakukan atau tidak secara akurat mengukur pengetahuan seseorang tentang fakta sejarah. Namun, juga benar bahwa apa yang merupakan dipends fakta sejarah dalam beberapa kasus pada siapa yang menulis sejarah. mempertimbangkan, misalnya, peristiwa penting dalam sejarah t dunia, salah satu menjabat sebagai katalis untuk perang dunia I. Archduke Franz Ferdinand itu assasinated pada 28 Juni, oleh Serbia bernama gravilo Princip (gambar 6-1). Sekarang pikirkan tentang bagaimana Anda akan menjawab item pilihan ganda berikut pada tes sejarah:
Gravilo Princip adalah
a. penyair
b. pahlawan
c. seorang teroris
d. seorang nasionalis
e. semua di atas
Gravilo Princip adalah
a. penyair
b. pahlawan
c. seorang teroris
d. seorang nasionalis
e. semua di atas
untuk berbagai buku teks di wilayah Bosnia dari "e", pilihan dunia - itu benar, "semua hal di atas"-adalah "benar" menjawab. Menurut lindung nilai (1997), buku pelajaran di daerah Bosnia dan Herzegovina yang dikendalikan oleh kelompok etnis yang berbeda memberikan sangat beragam karakterisasi pembunuh. di wilayah Serbia yang dikendalikan negara, sejarah buku teks, dan mungkin tes costructed pembelajaran ukuran mahasiswa, hal Princip sebagai "pahlawan dan penyair". Sebaliknya, siswa crotian membaca bahwa Princip adalah seorang pembunuh terlatih untuk melakukan tindak teroris. Muslim di wilayah ini mengajarkan bahwa Princip adalah seorang nasionalis yang akta memicu kerusuhan anti-serbia.
luar biasa karena dapat suara untuk westernest, siswa di hari Bosnia dan Herzegovina diajarkan berbagai versi sejarah, seni, dan bahasa tergantung pada backgroun etnis mereka. situasi seperti illustreates dalam bantuan mencolok pengaruh budaya pada apa yang pemikiran manusia kepada siswa, serta aspek konstruksi tes, penilaian, interpretasi, dan validasi. Pengaruh budaya sehingga meluas ke penilaian tentang keabsahan tes pada item tes. perbedaan penilaian mengenai validitas.
Tabel 6
nilai minimum rasio validitas isi perjanjian untuk memastikan bahwa tidak mungkin karena kebetulan.
Just think
pengembang tes bekerja pada alat penyaringan singkat yang dirancang untuk memprediksi keberhasilan siswa dalam tes psikologi dan tentu saja penilaian. Anda adalah konsultan yang dipanggil untuk cetak biru dalam bidang pertemuan . Anda merekomendasikan diri?
Senin, 09 Juli 2012
pgsd: Potensi Alergi Senyawa Turunan Kumarin
pgsd: Potensi Alergi Senyawa Turunan Kumarin: Potensi Alergi Senyawa Turunan Kumarin Potensi Antialergi Senyawa Turunan Kumarin Yance Anas, M.Sc., Apt. Fakultas ...
PERKEMBANGAN TULISAN SISWA SEKOLAH DASAR
1. mampu mengedit tulisan sendiri2. mampu mengoreksi dan menghubungkan tulisan dengan unsure mekanis, berbagai kaidah3. mampu menyadari keberadaan pembantu kaidahS D
Potensi Alergi Senyawa Turunan Kumarin
Potensi Alergi Senyawa Turunan Kumarin
Potensi Antialergi Senyawa Turunan Kumarin
Yance Anas, M.Sc., Apt.
Fakultas Farmasi Universitas Wahid Hasyim
Kumarin
adalah senyawa alam yang dikelompokkan pada senyawa benzopiron, semua
senyawa turunan kumarin memiliki cincin benzen yang bergabung dengan
inti piron (Al-Bayati, et.al., 2010). Kumarin pertamakali
diisolasi pada tahun 1820.Senyawa aktif golongan kumarin banyak terdapat
pada tumbuhan tingkat tinggi, terutama pada suku Rutaceae dan
Umbelliferae.Sebagian senyawa turunan kumarin dalam tumbuhan, ditemukan
dalam bentuk terikat dengan gula sebagai senyawa glikosida (Lucy dan
Kennedy, 2004).
Profil Farmakologi Senyawa Turunan Kumarin
Senyawa turunan kumarin telah diketahui memiliki berbagai macam aktifitas biologis, diantaranya adalah sebagai antikoagulan, senyawa estrogenik, memicu reaksi fotosensitif pada kulit, antimikroba, vasodilator, anthelmintik, analgetik,menurunkan suhu tubuh (Al-Bayati, et.al., 2010), antiinflamasi, relaksan otot polos dan antikolesterol (Hoult dan Payá, 1996).
Senyawa
turunan kumarin yang terdapat pada bahan alam, seperti esculetin,
fraxetin, daphnetin dan senyawa turunan kumarin lainnya tidak hanya
dikenal sebagai penghambat aktivitas enzim lipooksigenase dan
siklooksigenase, akan tetapi juga mempunyai kemampuan dalam menghambat
pelepasan senyawa anion superoksida dari neutrofil. Senyawa 7-hidroksi
kumarin juga telah dilaporkan mampu menghambat biosintesis prostaglandin
yang melibatkan intermediet hidroperoksi asam lemak(Fylaktakidou, et.al., 2004).
Penelitian terdahulu melaporkan bahwa kumarin dan metabolitnya 7-hidroksi kumarin, menunjukkan aktifitas antitumor terhadap berbagai kutur sel kanker manusia secara in vitro, sehingga dapat dikembangkan sebagai senyawa antikanker.Pada beberapa sel kanker, berbagai senyawa turunan kumarin merupakan penghambat proliferasi sel yang cukup poten.Senyawa 7-hidroksi kumarin mampu menghambat pelepasan cyclin D1 yang banyak terekspresi pada berbagai jenis sel kanker.Senyawa 4-hidroksi kumarin dan 7-hidroksi kumarin juga telah diketahui memiliki kemampuan dalam menghambat proliferasi kultur sel kanker lambung secara in vitro (Lucy dan Kennedy, 2004). Coumestrol merupakan senyawa turunan kumarin yangmemiliki strukturmolekul yang mirip dengan hormon estrogen (disebut sebagai fitoestrogen). Coumestrol menunjukkan potensi yang signifikan sebagai “antihormonal kanker” seperti kanker panyudara pada wanita dan kanker prostat pada pria (Huang, et.al., 2007).
Senyawa
turunan kumarin kelompok dihidropiranokumarin
(4′′-hidroksitigloilkursinol, 4′′-hidroksidekursin,
(2′′S,3′′S)-epoksiangeloildekursinol dan
(2′′R,3′′R)-epoksiangeloildekursinol) yang diisolasi dari akar Angelica gigas
dilaporkan memiliki potensi sebagai agen neuroprotektif, sehingga
berpotensi untuk dikembangkan sebagai senyawa bahan alam yang dapat
digunakan untuk mencegah penyakit neurogeneratif seperti parkinson,
alzheimer, epilepsy dan stroke isekemik. Perlakuan keempat senyawa
turunan kumarin tersebut (dengan rentang konsentrasi 0,1 – 10 μM)
menunjukkan efek perlindungan terhadap neurotoksisitas yang diinduksi
L-glutamat pada kultur sel cortical tikus (Kang, et.al., 2005).
Potensi Senyawa turunan Kumarin sebagai Anti-Alergi
Berbagai
penelitian terdahulu juga menyimpulkan bahwa senyawa turunan kumarin
memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan sebagai
antialergi. Hasil uji klinik menyimpulkan pemberian senyawa turunan
kumarin BM 15.100 (3,4-dimetil-7-[4-(p-klorobenzil)-piperazin - 1 - il] -
propoksikumarin.dihidroklorida) dosis tunggal 20 mg mampu melindungi
penyumbatan bronkus pada manusia,60 menit setelah paparan allergen (Gonsior, et.al., 1979).
Senyawa ini mampu menghambat pelepasan histamin yang diinduksi oleh
antigen pada sel leukosit manusia. Efek lain dari senyawa ini adalah
kemampuannya dalam menghambat re-uptake histamin oleh sel leukosit manusia terisolasi. Efek tersebut berlangsung dengan pola tergantung dosis (Assem dan Chong, 1976)..........
Artikel selengkapnya silahkan DOWNLOAD (PDF) ....
Daftar Pustaka
Al-Bayati, R.I., Al-Amiery, A. A.H. and Al-Majedy, Y.K., 2010, Design, Synthesis and Bioassay of Novel Coumarins, Afr. J. Pure Appl. Chem.4(6) : 74-86
Assem, E.S. and Chong, E.K., 1976, Profiles of Different Anti-allergy Effects of a New Histamine Antagonist, BM 15,100, Br. J. Pharmacol, 57(3) : 437-438
Fylaktakidou,
K.C., Hadjipavlou-Litina, D.J., Litinas, K.E. and Nicolaides, D.N.,
2004, Natural and Synthetic Coumarin Derivatives with Anti-inflammatory/
Antioxidant Activities, Curr. Pharm, 10(30) : 3813-3833
Hoult, J.R. and Payá, M., 1996, Pharmacological and Biochemical Actions of Simple Coumarins: Natural Products with Therapeutic Potential, Gen. Pharmacol, 27(4) : 713-722
Huang, C.M., Wang, H.C., Huang, W.H. and Lee, A.R., 2007, A New 6-Substituted Coumarin Derivative, Taiwan Pharm. J.59(3) : 153-155
Kang, S.Y., Lee, K.Y., Sung, S.H. and Kim, Y.C., 2005, Four New Neuroprotective Dihydropyranocoumarins from Angelica gigas,J. Nat. Prod. 68 : 56-59
Lucy,
A., and Kennedy, R.O., 2004, Studies on Coumarins and
Coumarin-Related Compounds to Determine their Therapeutic Role in the
Treatment of Cancer, Curr Pharml Des, 10(30) : 3797-3811
Ragazzi,
E., Froldi, G. and Fassina, G., 1989, Effects of Esculetin
(6,7-dihydroxycoumarin) on Guinea-pig Tracheal Chains in Vitro, Pharmacol. Res, 21(2) : 183-192
Ryu, S.Y., Kou, N.Y., Choi, H.S., Ryu, H., Kim, T.S. and Kim, K.M., 2001, Cnidicin, a Coumarin, from the Root of Angelica koreana, Inhibits the Degranulation of Mast Cell and the NO Generation in RAW 264.7 Cells, Planta Med, 67(2) : 172-174
Watanabe,
J., Shinmoto, H. and Tsushida, T., 2005, Coumarin and Flavone
Derivatives from Estragon and Thyme as Inhibitors of Chemical Mediator
Release from RBL-2H3 Cells, Biosci. Biotechnol. Biochem, 69(1) : 1-6
Sabtu, 07 Juli 2012
Studi Ilmiah Mahasiswa
Panduan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 2011
Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa 2011, Panduan PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M),PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tulisan (PKM-GT) dapat diakses di :
dapat diakses di
TIPS Membuat PKM yang baik
cara menulis PKM yang bermutu dan baik.
1. Terlebih dahulu tentukan tema apa yang paling bagus untuk di angkat menjadi PKM.
Tema yang baik adalah tema yang berkaitan dengan permasalahan yang saat tersebut sedang booming (ramai dibicarakan). Dalam hal ini cobalah membuat suatu solusi terhadap permasalahan yang diangkat dalam tema tersebut. Tema yang bagus tapi sudah cukup “kadaluarsa” tidak begitu bisa membangkitkan rasa ketertarikan terhadap tim penguji/juri
2. Susun judul yang akan dipakai sebagai “trade mark” PKM kita
Ini sebenarnya bisa dilakukan di akhir penyusunan proposal, akan tetapi akan lebih baik jika sudah ditentukan sejak awal. Karena dari judul ini kita akan memiliki rambu-rambu/marka yang akan mencegah kita untuk keluar dari topik yang dibahas. Untuk judul, hendaklah yang singkat dan jelas menggambarkan isi PKM. Judul yang terlalu panjang dan susah dihubungkan akan mengurangi minat pembaca.
3. Cari sumber pustaka yang terbaru. Usahakan pustaka dalam bentuk buku dan jurnal lokal, nasional, maupun internasional, terutama yang terbaru. Hal ini karena dunia ilmu mengalami perkembangan yang sangat cepat. Kita bisa saja menggunakan pustaka tahun yang sudah lama, akan tetapi kemungkinan beberapa parameter yang dipakai sudah mengalami banyak perubahan (update)
4. Produk yang akan diterbitkan adalah produk yang unik. Karena namanya saja PKM (program kreativitas mahasiswa), jadi sudah barang tentu krativitas sangat dituntut disini. Kita bisa saja memodifikasi produk yang sudah ada , misal penelitian orang lain pakai sampel A, tapi kita lakukan penelitian yang sama dengan sampel B, secara aturan hal ini sah-sah saja, akan tetapi dalam PKM sangat dibutuhkan munculnya produk yang benar-benar fresh/baru. Selain itu produk ini juga harus bisa memecahkan permasalahan yang ada, syukur-syukur jika kita bisa sambil menyelam minum air, satu produk bisa memecahkan dua permasalahan sekaligus. Misalnya, sepeda bertenaga solar sel berbentuk atap. Alat ini bisa meringankan perjalanan kita dari kelelahan mengayuh, dan kepanasan karena terik matahari. ( sumber : http://sutikno.blog.uns.ac.id/)
ABOUT PKM GT
PKM GT atau Program Kreatifitas Mahasiswa merupakan ajang ilmiah tingkat nasional yang diselenggarakn oleh DIKTI dalam rangka peningkatan mutu mahasiswa dalam bidang ilmiah.
Pada PKM GT ini halamannya dibatasi, maksimal 15 halaman termasuk daftar pustaka, sedangkan metode bab per bab tidak lagi digunakan dalam format PKM GT, meski tetap ada daftar pustaka namun PKM GT 2010 tidak terdapat bab tinjauan pustaka, tinjauan pustaka diselipkan disetiap pointnya.
Point inti pada penulisan PKM GT adalah:
1. Kondisi kekinian pencetus gagasan (diperoleh dari bahan bacaan, wawancara, observasi, imajinasi yang relevan)
2. Solusi yang pernah ditawarkan atau diterapkan sebelumnya untuk memperbaiki keadaan pencetus gagasan
3. Seberapa jauh kondisi kekinian pencetus gagasan dapat diperbaiki melalui gagasan yang diajukan
4. Pihak-pihak yang dipertimbangkan dapat membantu mengimplementasikan
gagasan dan uraian peran atau kontribusi masing-masingnya
gagasan dan uraian peran atau kontribusi masing-masingnya
5. Langkah-langkah strategis yang harus dilakukan untuk mengimplementasikan
gagasan sehingga tujuan atau perbaikan yang diharapkan dapat tercapai
gagasan sehingga tujuan atau perbaikan yang diharapkan dapat tercapai
Langganan:
Postingan (Atom)